Jogo Ngawi Ramah, Polres Ngawi Gelar Konferensi Pers ANEV Kamtibmas 2019 - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Jogo Ngawi Ramah, Polres Ngawi Gelar Konferensi Pers ANEV Kamtibmas 2019

Share This
Ngawi, Pojok Kiri - Menjelang pergantian tahun, Kepolisian Resort Ngawi gelar Konferensi Pers Analisa dan Evaluasi (ANEV) Kamtibmas akhir tahun 2019 di Aula Rupatama Parama Satwika Polres Ngawi, Selasa (31/12/19).

Dalam Konferensi Pers yang dihadiri Pejabat Utama dan Kapolsek Jajaran Polres Ngawi, Kepala Kepolisian Resort Ngawi, AKBP Dicky Ario Yustisianto, S.H., S.I.K., didampingi Kabag Sumda, Kompol Agung Purnomo, S.E., menyatakan bahwa tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polres Ngawi selama tahun 2019 jumlah tindak kriminal yang terjadi atau crime total sejumlah 286 kasus secara keseluruhan menurun 33,8 persen jika dibanding tahun 2018 dengan jumlah 432 kasus.

Sementara untuk penyelesaian tindak pidana atau crime clearance pada tahun 2019 sejumlah 227 kasus, crime total sejumlah 286 kasus, secara keseluruhan mengalami kenaikan sebesar 20,4 persen jika dibanding tahun 2018 dengan jumlah crime clearance sebesar 285 kasus dari crime total sejumlah 432 kasus.

Hal tersebut berati pada tahun 2019 penyelesaian perkara di wilayah Polres Ngawi dengan presentasi sebesar 79,4 persen mengalami kenaikan dibanding tahun 2018 dengan presentasi sebesar 66 persen.


“Secara keseluruhan kasus tindak pidana kejahatan yang terjadi di wilayah Polres Ngawi tahun 2019 ini menurun dibanding tahun 2018. Sementara penyelesaian kasusnya mengalami peningkatan,” ungkap AKBP Dicky Ario Yustisianto, Selasa (31/12/19).

AKBP Dicky Ario Yustisianto menuturkan bahwa, dengan adanya penurunan kasus dan kenaikan penyelesaian kasus yang ditangani oleh penyidik mengindikasikan bahwa secara keseluruhan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Ngawi tetap kondusif.

Untuk tahun 2019 ini, AKBP Dicky Ario Yustisianto menyatakan, tingkat kriminalitas di wilayah hukumnya didominasi oleh tindak kejahatan Curat, Perjudian, Penipuan, Curanmor, Aniaya dan Ilegal Loging.

Sementara keberhasilan menekan angka kriminalitas di wilayah hukumnya ini menurut AKBP Dicky Ario Yustisianto, berkat kerja keras dari anggota dilapangan baik giat kepolisian preemtif yang diemban oleh Binmas dengan giat sambang, pembinaan masyarakat maupun deteksi dini dan penggalangan yang diemban oleh fungsi intelkam, dan giat kepolisian preventif yang diemban oleh fungsi Sabhara dan lalu lintas berupa patroli dan kegiatan razia maupun operasi kepolisin serta giat kepolisian represif yang diemban oleh fungsi satreskrim berupa penegakan hukum.


Disamping itu tentu saja berkat dukungan dan kerjasama seluruh komponen masyarakat serta efektifnya sinergi tiga pilar kamtibmas plus baik TNI, Polri, Pemda serta Toga, Tomas maupun Toda.

“Untuk warga masyarakat yang melakukan aktivitas di sawah, pasar, masjid atau tempat keramaian yang menggunakan sepeda motor, tolong tetap waspada dan memarkir kendaraanya ditempat parkir yang aman, di kunci stir atau di tambah kunci ganda,” pesan AKBP Dicky Ario Yustisianto.

Diakhir paparannya, AKBP Dicky Ario Yustisianto, menghimbau agar kedepan pihaknya dapat mengamankan wilayah hukum Polres Ngawi yang menjadi tanggung jawab bersama. 

"Mari bersama kita Jogo Ngawi Ramah, untuk mengamankan kota Ngawi yang Ramah ini. Kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik ini, mari kita pertahankan, kita jaga dan kita tingkatkan serta salam kompak selalu," tandas AKBP Dicky Ario Yustisianto. (day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages