IKS.PI Semakin Berkembang, Resmi Sahkan 10.750 Warga Dan Pendekar - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

IKS.PI Semakin Berkembang, Resmi Sahkan 10.750 Warga Dan Pendekar

Share This

Madiun, Pojok Kiri. Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Kera Sakti (IKS.PI) yang didirikan oleh Raden Totong Kiemdarto pada 15 Januari 1980. Melahirkan anggota baru warga dan pendekar sebanyak 10.750 angkatan 125/111. Sabtu (2/11). Pengesahan yang berlangsung sangat meriah di Padepokan Raden Totong Kiemdarto, Desa Buduran, Wonoasri, Madiun.

Dalam acara  yang diselenggarakan pada malam itu, juga terdapat acara 1000 lilin 1000 foto 1000 doa yang digelar untuk mengenang dan mendoakan Guru Besar tercinta Raden Totong Kiemdarto. Acara ini berlangsung meriah yang diikuti oleh semua anggota IKS.PI Kera Sakti yang hadir pada malam pengesahan. Pada prosesi ini perasaan haru menyelimuti semua anggota yang ikut memeriahkan acara tersebut.

IKS.PI Kera Sakti ialah salah satu dari perguruan ternama yang ada di Madiun. Yang mana Madiun dijuluki sebagai KAMPUNG PESILAT INDONESIA. Perguruan-perguruan lahir di Madiun dan salah satunya IKS.PI Kera Sakti yang telah mampu menembus ke Negara-negara tetangga. Disini membuktikan bahwa Perguruan IKS.PI Kera Sakti sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Namun, dibalik populernya Perguruan IKS.PI Kera Sakti tak jarang mendapatkan kecaman atau dihinaan yang menyerang perguruan ini. Walaupun demikian anggota IKS.PI Kera Sakti hanya membalas dengan senyuman. Karena mereka beranggapan bahwa hanya pohon yang berbuah manislah yang akan dilempari batu. Dari kecaman dan hinaan tersebut malah membuat Perguruan IKS.PI Kera Sakti menjadi semakin besar, semakin maju, semakin berkembang, semakin dikenal masyarakat luas, dan semakin jaya tentunya.
            
Ketua Umum IKS.PI Kera Sakti Bambang Sunarja menegaskan bahwa pengesahan ini berlangsung empat bulan sekali dalam satu tahun.  Sebelum mengikuti pengesahan warga dan pendekar harus mengikuti latihan selama batas waktu yang telah ditentukan.Acara pengesahan ini tidak hanya dinanti oleh anggota dari IKS.PI itu sendiri, melainkan juga dari masyarakat desa sekitar karena masyarakat sekitar dapat menjajankan makanan dan minuman dalam acara pengesahan itu berlangsung hingga dapat menjadi sumber pencaharian khususnya warga Desa Buduran.

Perguruan yang dikenal dengan gerakannya yang  menyerupai Kera, namun demikian anggota IKS.PI Kera Sakti tidak mempelajari sifat dan perilaku dari binatang Kera. Melainkan hanya mempelajari gerakan dan kelincahan dari binatang Kera itu sendiri. Dan anggota IKS.PI kera Sakti diharuskan untuk menjaga sopan santun dan saling menghormati antar perguruan, karena IKS.PI Kera Sakti mempunyai motto DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT.
           
IKS.PI Kera Sakti dapat menjadi contoh untuk mewujudkan Madiun sebagai Kampung Pesilat Indonesia. Dengan saling menghormati dan saling menghargai antar perguruan, menjadikan Madiun sebagai Kampung Pesilat Indonesia. Perguruan-perguruan yang lahir dan berkembang di Madiun dapat menjadikan karakteristik bagi Kabupaten Madiun untuk lebih aman dan damai dengan adanya pendekar-pendekar yang ada di Madiun.(YANTO/GALANG)
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages