POLRES NGANJUK ADAKAN LOMBA PKS SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DISIPLIN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

POLRES NGANJUK ADAKAN LOMBA PKS SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DISIPLIN

Share This
Nganjuk, Pojok Kiri, Kepolisian Resort (Polres) Nganjuk melalui Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) menggelar lomba Patroli  Keamanan Sekolah (PKS) yang diikuti ratusan pelajar SMP sederajat se Kabupaten Nganjuk. Lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74 tersebut diikuti 25 regu PKS, dan dilaksanakan dilapangan bulutangkis Geduang Joang 45 jalan Dr Sutomo Nomer 60 Kauman kecamatan/kabupaten Nganjuk.

Menurut Kapolres Nganjuk dalam sambutan pembukaan lomba PKS Kreasi Kapolres Cup berharap, dengan adanya lomba ini mampu membentuk karakter anak yang mandiri dan disiplin serta mampu mengikis budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia seperti pergaulan bebas, penyalagunaan narkoba dan penggunaan medsos yang kurang tepat serta maraknya berita hoax.
Bahkan Kapolres Dewa juga mengatakan kalau kegiatan PKS merupakan budaya yang bagus dan harus dilestarikan. Apalagi melalui lomba PKS, nantinya mereka akan terpilih menjadi kader tertib lalu lintas. Sedangkan menurut Kapolres Dewa kreteria lomba meliputi kekompakan dalam baris berbaris, sikap dan tata cara berpakaian seragam serta keindahan dalam memperagakan senam rambu lalu lintas.

"Saya berharap lomba ini, akan membentuk anak yang mandiri dan disiplin serta, seusai mengikuti lomba PKS, juga bisa dijadikan contoh disiplin bagi teman-teman di sekolahnya, baik disiplin dalam berlalu lintas, sikap dan cara berpakaian, terakhir juga mampu, membantu tugas-tugas kepolisian dalam mengamankan dan menertibkan para pengguna jalan raya," ujar Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta. 
Masih lanjut Kapolres Dewa, PKS selain sebagai ujung tombak di sekolahan dalam menangkal pengaruh negatif pada generasi milenial dan meski hanya sebagai pendidikan ekstra kurikuler di sekolah tapi PKS mampu menjelma sebagai pendidikan yang mampu membentuk anak yang berdisiplin dan kompak. "Karena itu, sebagai anggota PKS untuk lebih menunjukkan sikap disiplin kita pada teman-teman yang lain dan selanjutnya kepada peserta lomba PKS saya ucapkan selamat berlomba," sambut Kapolres Dewa lagi, 14/08/2019.

Pada lomba PKS Kreasi memperebutkan piala Kapolres Nganjuk yang bertindak sebagai juri Kompol Dadang Kurnia Dirlantas Polda Jatim, Brigadir Nur S dan Brigadir Dwi Adiyanto keduanya dari Brimob Jatim serta Adi Priyo, SE dari dinas Pendidikan kabupaten Nganjuk. Adapun dari hasil lomba PKS Kreasi tahun 2019 yang menjadi Juara 1 MTsN 5 Nganjuk, Juara 2 SMPN 2 Nganjuk, Juara 3 SMPN 1 Nganjuk, Harapan 1 MTsN 3 Prambon, Harapan 2 SMPN 4 Nganjuk dan Harapan 3 SMPN 1 Bagor.
Sedangkan juara pada kategori Danton terbaik SMPN 2 Nganjuk, Juara PBB Murni terbaik SMPN 1 Gondang, Juara PBB Variasi dan Formasi terbaik SMPN 1 Nganjuk, Juara 12 Gerakan Lalu Lintas terbaik MTsN 3 Prambon, Juara Senam Lantas terbaik MTsN 5 Nganjuk, Juara Yel-yel terbaik MTsN 3 Prambon, Juara Orasi terbaik MTsN 3 Prambon dan Juara Kostum terbaik juga diraih oleh MTsN 3 Prambon. (Ind)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages