Bimbingan Teknis (Bintek) Gabungan (G) / Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Program (IPDMP) - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Bimbingan Teknis (Bintek) Gabungan (G) / Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Program (IPDMP)

Share This

Pelaksanaan bintek program IPDMP di Gedung Orientz Tarsan

Madiun Pojok Kiri.Kegiatan atau pelatihan  program (IPDMP) Integrated Participatory Development And Management Or Irrigation Program yang diselenggarakan oleh Bidang Pengairan, Dinas PUPR Kabupaten Madiun di gedung Pertemuan (Rumah Makan Orienzt Tarsan ) Saradan, merupakan kegiatan /bintek kepada Gabungan (G) / Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) yang ada di kabupaten Madiun.selasa (6/8/2019).
Seperti yang dikatakan oleh Heru Sulaksono, Plt. Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Madiun yang kebetulan juga menjabat sebagai Kabid. Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Madiun saat membuka acara mewakili Kepala Dinas yang kebetulan tidak bisa menghadiri acara tersebut, bahwa kegiatan pelatihan IPDMP yang bersumber dana dari pusat ini diharapkan Gabungan (G) / Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) yang ada di Kabupaten Madiun mampu menjalankan atau memfungsikan irigasi secara maksimal, sehingga bisa mendongkrak hasil pertanian terutama tanaman padi,’’dengan pelatihan hari ini terkait program (IPDMP),diharapkan ada peningkatan produksi padi di Kabupaten Madiun,’’katanya.

Plt.Kabid  Pengairan,PUPR Kabupaten Madiun, Maskur Yatim,ST
Pelatihan IPDMP tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber dari dinas terkait, diantaranya dari dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun ,Bappeda Kabupaten Madiun, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Bidang pengairan dan G HIPPA.
Secara teknis terkait pelaksanaan pelatihan kepada Gabungan (G)/Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) yang ada di kabupaten Madiun  Plt.Kepala Bidang Pengairan,PUPR Kabupaten Madiun, Maskur Yatim,ST menjelaskan bahwa kabupaten Madiun merupakan salah daerah kota /Kabupaten yang mendapatkan anggaran kegiatan program IPDMP.”ada 5 DI (Daerah Irigasi) yang menjadi tunjukan dan kesepakan dari pusat diantaranya DI (Daerah Irigasi) Sareng 13 HIPPA dan 1 G HIPPA, DI Sedah 12 HIPPA 1 G-HIPPA, DI Ketupu  3 HIPPA 1 G-HIPPA, DI Kawung 6 HIPPA 1 G-HIPPA dan DI Craken 7 HIPPA 1 G-HIPPA ,”katanya.
Terkait kegiatan fisik Plt. Maskur Yatim menambahkan,” program  dari Pusat berupa kegiatan IPDMP yang melibatkan masyarakat  tergabung dalam HIPPA dan G-HIPPA akan dilaksanakan tahun depan yaitu di Tahun 2020,”imbuhnya.
Plt. Kepala Bidang Pengairan,PUPR Kabupaten Madiun Maskur Yatim,ST mengatakan hal yang sama terkait harapan dari kegiaan pelatihan IPDMP bahwa dengan adanya pelatihan IPDMP ini diharapkan Hasil pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Madiun bisa meningkat ,’’daerah irigasi yang sudah ditunjuk menjadi  DI kesepakatan dari pusat diharapkan mampu meningkatkan hasil pertaniannya ,”Ungkapnya.
“apabila program IPDMP tahun ini bisa berjalan dengan baik, 5 tahun kedepan program ini akan dilanjutkan dengan daerah daerah irigasi yang lain, karen kegiatan ini  berjalan setiap 5 tahun sekali, bila setelah 5 tahun kedepan kabupaten Madiun bisa sukses menjalankan kegiatan tersebut , sudah tentu program IPDMP akan berlanjut di DI lainnya yang ada di Kabupaten Madiun ,”pungkasnya.(unk/Adv)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages