Instalasi Radiologi RSUD Kota Madiun dilengkapi Digital Radiography, Dapat Lakukan Rontgen ke Seluruh Tubuh - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Instalasi Radiologi RSUD Kota Madiun dilengkapi Digital Radiography, Dapat Lakukan Rontgen ke Seluruh Tubuh

Share This
 
Digital Radiography  Bergerak otomatis saat mendeteksi Pasien dengan akurasi yang tinggi

Madiun Pojok Kiri. RSUD Kota Madiun terus lakukan upaya peningkatan pelayanan kesehatan  di semua instalasi dan bidang layanan kesehatan. Kali ini  Pelayanan Terbaru dari Instalasi Radiologi RSUD Kota Madiun berupa pelayananan Digital radiography. Secara fungsi alat ini mampu menghasilkan foto rontgen dengan teknologi digital serta mampu melihat anatomi tulang di seluruh tubuh. Rabu (24/4).

Dikatakan oleh Dewi Ridhosari, A.Md.Rad selaku Kepala Instalasi Radiologi, RSUD Kota Madiun bahwa, pelayananan terbaru berupa Digital Radiography tersebut memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat radiography yang lama ,secara fungsi alat ini digunakan untuk merontgen dengan kwalitas gambar berformat digital tanpa harus mengolah gambar kembali.

"Layanan terbaru pada instalasi radiologi RSUD kota Madiun saat ini berupa layanan digital radiography yang secara fungsi alat tersebut digunakan untuk merontgen dengan kwalitas gambar berformat digital tanpa harus mengolah gambar kembali. Apabila menggunakan  alat yang lama kita  masih harus mengolah kembali gambar hasil Rontgen tersebut."katanya.

Kepala Instalasi Radiologi, RSUD Kota Madiun, lebih lanjut menjelaskan, kelebihan lainnya pada alat tersebut adalah Dosis radiasi yang diterima pasien bisa langsung terekam, Lebih efisien waktu pemeriksaan karena begitu expose, gambar sudah langsung tersaji tanpa perlu proses reader lagi serta dosis radiasi yang digunakan lebih rendah, angka pengulangan pemeriksaan minimal.

Selain itu secara fungsi alat ini  juga bisa dipakai untuk pemeriksaan tulang tulang panjang mulai dari tulang leher sampai dengan  tulang ekor,seperti yang banyak dibutuhkan pada pasien - pasien dari ortopedi

Dalam pengoperasionalannya menurutnya, Sebelum alat tersebut dipakai,hal yang terlebih dahulu dilakukan adalah dengan melakukan proses uji fungsi,apakah alat sudah berfungsi dengan baik. Selain itu dilakukan juga uji paparan dengan tujuan untuk memastikan  radiasi yang keluar aman terhadap lingkungan, petugas  dan pasien. Petugas operator dibekali dengan pelatihan/training alat, hal ini dilakukan agar dalam mengoperasikan alat bisa berjalan lancar tanpa kendala, dan aman bagi pasien.

Masih dengan Dewi Ridhosari, A.Md.Rad, dia mengatakan bahwa secara perijinan, sebelum alat tersebut digunakan terlebih dahulu Diajukan Proses Ijin Operasional alat  Digital Radiografi tersebut  ke Badan Pengawas Tenaga Nuklir  untuk upaya tertib hukum dan  alat yang kita pakai berijin legal.

Sementara untuk Maintenance alat  setiap hari dilakukan kontrol mutu harian seperti dibersihkan, di cek fungsi.Sedangkan untuk maintenance periodic dilakukan pengecekan oleh vendor setahun 3x selama masa garansi.
"Untuk setiap tahunnya alat ini dilakukan kalibrasi dengan maksud untuk memastikan alat ini masih berfungsi dengan baik."pungkasnya.(unk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages