MANFAAT PROGRAM JKN-KIS, DIMANAPUN KAPANPUN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

MANFAAT PROGRAM JKN-KIS, DIMANAPUN KAPANPUN

Share This




Madiun, Pojok Kiri – Keluarga dan pekerjaan terkadang menjadi pilihan yang sulit bagi mereka yang baru saja membangun sebuah rumah tangga. Terlebih bagi mereka yang harus rela jauh dari keluarganya demi melaksanakan kewajibannya untuk mencari nafkah. Lukti Mauniah salah satunya. Perempuan 25 tahun tersebut terkadang harus merasakan jauh dari sang suami, Imron Yassar karena harus bekerja di luar kota. Imron merupakan seorang Inventory Control di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PJB Service Pacitan.


“Ya sesekali pernah ikut dengan suami ke Pacitan. Pernah pada saat itu kurang enak badan dan inginnya ditemani oleh suami. Jadi ya saya yang ikut ke tempat suami,” cerita Niah seraya tersenyum.


Meneruskan ceritanya, Niah yang kala itu mengikuti Imron ke Pacitan tiba-tiba kondisi kesehatannya menurun dan akhirnya memeriksakan diri ke salah satu klinik yang berada di Pacitan. Awalnya mereka memikirkan apakah bisa menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dimilikinya.


“Awalnya bingung apakah bisa menggunakan kartu JKN-KIS yang saya miliki. Karena Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftarnya di Kota Madiun, sedangkan saya periksa di Pacitan. Tapi ternyata tetap bisa digunakan meskipun lintas wilayah,” kata Niah.


Pada saat itu Niah didiagnosa menderita Blighted Ovum atau hamil kosong, dan harus dilakukan operasi segera. Hal itu kembali lagi menjadi beban pikiran Niah dan Imron. Kali ini masalah biaya untuk operasi menjadi beban yang menghantui sesaat setelah mendengar pernyataan dari dokter untuk segera dilakukan tindakan operasi.


“Dan ternyata alhamdulillah tetap bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan, saya tetap dilayani dengan baik di fasilitas kesehatan tempat saya operasi. Meskipun saat itu saya tidak terdaftar pada fasilitas kesehatan tersebut. Prosesnya tidak sulit dan pelayanan baik dokter maupun perawatnya sama-sama bagus. Bahkan pelayanan dengan mereka pasien umum juga tidak ada perbedaan,”  tambahnya.


Dengan pengalaman tersebut, Niah dan Imron hanya bisa bersyukur dan memberikan pesan kepada masyarakat untuk bergabung menjadi peserta JKN-KIS. Menurut Niah program jaminan kesehatan yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan tersebut sangat nyata memberikan manfaat kapanpun dan dimanapun kita berada.


“Mungkin kalau sekarang kita masih sehat, itu merupakan rejeki dari Allah SWT. Akan tetapi jangan hanya melihat untuk saat ini, karena jika suatu saat sakit dan membutuhkan biaya besar, barulah nanti akan sadar akan pentingnya mengikuti jaminan kesehatan. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS segeralah mendaftar. Saya adalah salah satu peserta JKN-KIS yang benar-benar sudah merasakan manfaatnya,” pesan Niah.


Artikel ini juga tayang di jamkesnews.com dengan judul Niah : JKN-KIS Nyata Memberikan Manfaat Dimanapun dan Kapanpun (ar/tk/yah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages