DESA TALANG MENYALURKAN BANTUAN BLT DARI DD UNTUK KETAHANAN EKONOMI MASYARAKATNYA AKIBAT TERDAMPAK WABAH COVID 19 - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

DESA TALANG MENYALURKAN BANTUAN BLT DARI DD UNTUK KETAHANAN EKONOMI MASYARAKATNYA AKIBAT TERDAMPAK WABAH COVID 19

Share This


DESA TALANG MENYALURKAN BANTUAN BLT DARI DD UNTUK KETAHANAN EKONOMI MASYARAKATNYA AKIBAT TERDAMPAK WABAH COVID 19


                          Kepala Desa Talang

Ngawi, Pojok Kiri - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) sebagai jaring pengaman sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 kini diperpanjang.

Nominal Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) menyusut. Hal itu terjadi setelah munculnya kebijakan baru dari pemerintah pusat.

Perubahan itu tercantum dalam PMK Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas PMK Nomor 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Salah satu poin krusialnya, penyaluran BLT DD diperpanjang hingga enam bulan.

Jika sebelumnya berdasarkan aturan pemerintah pusat, BLT yang berasal dari Dana Desa (DD) itu diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama tiga bulan yakni sejak Bulan April, Mei hingga Juni. Maka kini bantuan tersebut diperpanjang menjadi 6 bulan atau hingga bulan September.

" Tetapi kita rubah bulan pencairannya, untuk besaran uang yang diterima oleh masing-masing KPM berkurang ,besarannya bantuan untuk tiga bulan yakni mulai Mei, Juni, Juli tetap sebesar Rp 600.000 perbulannya. Sementara untuk bulan Agustus, September dan Oktober jadi Rp 300.000,-  ujar Heru Agus Budianto Kepala Desa Talang kecamatan Jogorogo.

Lebih lanjut Heru mengatakan, Penyaluran BLT sumber Dana Desa (DD) senilai Rp 600.000 per KPM disalurkan selama tiga bulan pertama ( 18 Mei, 27 Juni dan 17 Juli 2020), sudah tuntas disalurkan ke 22 penerima , Penyaluran yang yg ke 4 Rp.300.000,- sudah dilaksakan 28 Agustus,dan penyaluran ke 5,6 akan dilaksanakan bulan september serta oktober dengan  total penyerapan anggaran sejumlah Rp.59.400.000.

" Semoga dapat meringankan sedikit beban di saat wabah covid 19 ini melanda,silahkan belanja kebutuhan-kebutuhan Dasar dan jangan sampai bantuan ini disalah gunakan sehingga apa yang menjadi target pemerintah tidak tercapai " Ungkapnya

“ Kami berharap mudah-mudahan melalui BLT DD ini dapat mengurangi beban masyarakat, sebab dengan adanya Pandemi Covid 19 ini banyak masyarakat yang secara ekonomi mengalami dampak yang signifikan " Pungkasnya. ( DESATALANG-BAMS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages