ELLY MERASA TENANG MENJADI PESERTA JKN - KIS - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

ELLY MERASA TENANG MENJADI PESERTA JKN - KIS

Share This
Madiun, Pojok Kiri – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan merupakan bukti nyata bahwa pemerintah telah melaksanakan perannya dalam memberikan jaminan kesejahteraan di bidang kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini didasari oleh pengalaman Elly Widayanti atau yang sering disapa Elly. Elly merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki tiga orang anak dan seorang suami yang bekerja di salah satu perusahaan di Kota Madiun. Meskipun Elly lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah, dirinya menyadari akan pentingnya jaminan kesehatan.

“Saat ini mungkin saya dan keluarga baik-baik saja. Tapi siapa yang bisa tahu dan menebak keadaan besok, lusa dan hari-hari selanjutnya. Yang namanya sakit itu tidak memandang siapa, kapan dan dimana. Itulah mengapa alasan saya harus memiliki jaminan kesehatan,” ungkap perempuan berusia 39 tahun tersebut.

Elly merupakan peserta JKN-KIS yang terdaftar mulai tahun 2014 dan berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Menurut Elly, dirinya tidak merasa rugi meskipun gaji sang suami harus dipotong setiap bulannya untuk membayar iuran JKN-KIS. ia menyadari bahwa hal tersebut merupakan upaya preventif dalam menjaga kesehatan dirinya dan seluruh anggota keluarganya.

“Saya sangat bersyukur walaupun belum pernah menggunakan JKN-KIS ini dan gaji suami saya dipotong untuk membayar iurannya setiap bulan, itu artinya iuran yang dibayarkan bisa untuk membantu saudara-saudara kita yang sakit. Dan hal positif lainnya adalah saya dan keluarga merasa tenang jika sewaktu-waktu sakit, sudah ada JKN-KIS yang akan menjaminnya,” katanya.

Di akhir perbincangan Elly menyampaikan harapannya agar program jaminan kesehatan ini akan selalu ada dan mendamping masyarakat Indonesia. Masyarakat juga harus benar-benar terbuka pemikirannya akan pentingnya jaminan kesehatan, sehingga BPJS Kesehatan mempunyai tugas untuk lebih memberikan sosialisasi kepada masyarakat seputar jaminan kesehatan tersebut.

“Ya memang semua pihak berperan dalam terlaksananya program jaminan kesehatan ini. Pemerintah dalam hal ini BPJS Kesehatan harus selalu memberikan pemahaman tentang pentingnya jaminan kesehatan dan dari masyarakat sendiri harus sadar akan hak serta kewajiban sebagai peserta jaminan kesehatan. Sehingga semua berjalan beriringan dan dapat mencapai apa yang menjadi tujuannya,” tutup Elly. 

Artikel ini juga tayang di jamkesnews.com. dengan judul Elly: Saya Tenang Menjadi Peserta JKN-KIS. (ar/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages