Hari Jadi NU Ke-96, Pengurus Cabang NU Kab. Ngawi Melaksanakan Madrasah Kader - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Hari Jadi NU Ke-96, Pengurus Cabang NU Kab. Ngawi Melaksanakan Madrasah Kader

Share This

Ngawi, Pojok Kiri.- Dalam rangka menyambut Hari Jadi Nahdlatul Ulama ke-96, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ngawi melaksanakan kegiatan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ngawi angkatan pertama tahun 2019, Jum'at (15/3/19).

Acara yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 15 hingga 17 Maret 2019 di Pondok Pesantren Temulus Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi ini merupakan salah satu dari tiga rangkaian kegiatan menyambut Hari Lahir Nahdlatul Ulama diusianya menjelang ke satu Abad.

Dengan mengambil tema Meningkatkan Sinergitas Jam'iyah dan Khidmat Nahdliyin Menuju Khoiru Ummah, MKNU PCNU angkatan pertama menghadirkan Pemateri Ir. Muhammad Koderi, M.T., dengan materi Kontrak Belajar, Dr. H. Endin AJ. Soefihara dengan materi Dasar Pemikiran dan Tujuan Umum Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU), Ir. M. Faqih dengan materi Cita–Cita dan Strategi Perjuangan NU, Abdul Qudus dengan materi Arah dan Program Perjuangan NU, DR. KH. Mujib Qulyubi dengan materi
Relasi dan Respon NU Terhadap Ideologi, Ir. H. Suwadi D Pranoto dengan materi Relasi dan Respon NU Terhadap Negara, Gus Rouf (PP. LAZISNU) dengan materi Nahdlatul Ulama dan Pemberdayaan Ekonomi, 
Hakim Jayli dengan materi Memperkuat Strateg i Dakwah NU melalui Tehnologi Media dan Ir. H. Suwadi D Pranoto dengan materi
Islam Nusantara .

Acara MKNU PCNU Ngawi angkatan pertama ini dibuka oleh Drs. H. Sultonul Huda, M.Si., (PBNU), dan dihadiri oleh Ketua PCNU Ngawi KH. Ahmad Ulinnuha Rozy sekaligus sebagai penangung jawab acara didampingi Ketua Pelaksana Acara Mangali, M.Ag., dan jajaran pengurus cabang Nahdlatul Ulama Ngawi, M.Si., KH. Abdus Salam Sochib (PWNU), Alim Ulama, Danramil Mantingan, Kapolsek Mantingan, Forkopimda Ngawi, Forkopicam Mantingan, Kades Kedungharjo dan lebih dari seratus peserta MKNU se-Kabupaten Ngawi.

Dalam sambutannya Drs. H. Sultonul Huda, M.Si., dari PBNU menerangkan bahwa Madrasah Kader bertujuan untuk mempersiapkan Nahdlatul Ulama mengantarkan para kader-kadernya menuju Nahdlatul Ulama jilid dua karena baik menurut perhitungan Hijriah maupun Masehi kisarannya hanya tinggal empat tahun lagi. Jangan sampai kader-kader dan warga Nahdlatul Ulama serta masyarakat Ngawi pada umumnya kaget dengan cepatnya perkembangan Ngawi 10 hingga 20 tahun kedepan.

Masih menurut Drs. H. Sultonul Huda, M.Si., Dari informasi Ketua PCNU Ngawi, Madrasah Kader ini baru pertama kali dilaksanakan di Ngawi. Sedang di Indonesia Madrasah Kader PCNU Ngawi adalah yang ke 112 kalinya diadakan di seluruh Indonesia.

Ditemui di kediamannya Ketua PCNU Ngawi KH. Ahmad Ulinnuha Rozy sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Temulus menjelaskan, peserta MKNU PCNU yang diselenggarakan selama tiga hari jatuh pada tanggal 15, 16 dan 17 Maret 2019 ini merupakan kader PCNU Ngawi angkatan pertama dari unsur PCNU Ngawi, Stduktural Cabang, PC Lembaga, PC Banom dan MWC.


"Dasar pemikiran Madrasah Kader Nahdlatul Ulama yaitu mengacuh kepada Anggaran Dasar pasal 19 ayat 1, Anggaran Rumah Tangga pasal 39 ayat (4), (5), (7) dan Keputusan Komisi program pada saat Muktamar ke-33 di Jombang, Jawa Timur tahun 2015. Dimana Pengurus Besar Nahdlatul Ulama sebagi pemegang amanat telah membentuk institusi khusus bidang pengkaderan dengan nama Madrasah Kader Nahdlatul Ulama," tutur KH. Ahmad Ulinnuha Rozy.

"Madrasah Kader Nahdlatul Ulama adalah sebuah institusi khusus yang bergerak dalam bidang Pengelolaan, Penyelenggaraan dan Pengembangan Kebijakan Nahdlatul Ulama yang bertujuan untuk membentuk, menyatukan, menyelaraskan dan mempertahankan Karakter, Cara Pandang, Kecakapan dan Kesejahteraan Hidup, Gaya Hidup, Harakah dan Militansi," terang KH. Ahmad Ulinnuha Rozy.
Rangkaian acara MKNU PCNU Ngawi ditutup dengan pengambilan sumpah oleh Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, Gus Reza Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri. (day)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages