Generasi Milenial Asal Magetan Sadar Akan Pentingnya Menjadi Peserta JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Generasi Milenial Asal Magetan Sadar Akan Pentingnya Menjadi Peserta JKN

Share This

 



Madiun, Pojok Kiri – Orisa Savita Dewi, mahasiswi asal Kabupaten Madiun yang baru saja selesai menjalani praktik kerja di salah satu perusahaan di Kota Madiun menyadari betapa pentingnya saat ini memiliki jaminan kesehatan. Gadis yang akrab disapa Risa itu menyampaikan bahwa selama menjalani praktik kerja yang jauh dari tempat tinggalnya, membuat dirinya harus lebih bisa untuk menjaga kesehatan supaya tidak terjadi hal-hal yang mengharuskan dirinya mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan.

“Kalau sudah sakit, jauh dengan keluarga kan susah. Untung ada program jaminan kesehatan yang sudah melindungi saya kapan saja dan di mana saja,” kata Risa.


Risa merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berasal dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa dikenal dengan istilah peserta mandiri. Setiap bulan orang tua Risa tertib untuk membayar iuran guna menjamin status kepesertaan Program JKN selalu aktif.


Selama menjadi peserta JKN Risa mengaku memang belum pernah merasakan pelayanan di fasilitas kesehatan. Akan tetapi Risa justru menyebutkan bahwa meskipun belum pernah memanfaatkan Program JKN, dirinya merasa bersyukur dapat membantu Masyarakat lain yang juga menjadi peserta JKN.


“Kalau saya nggak pakai, artinya saya sehat dan dari iuran yang dibayarkan oleh orang tua saya dapat digunakan untuk membantu peserta JKN lain yang sedang membutuhkan biaya untuk layanan kesehatan. Di situlah makna dari gotong royong yang selama ini diusung oleh BPJS Kesehatan,” jelasnya. (rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages