Bhabinkamtibmas Polsek Pangkur Himbau Petani Tidak Menggunakan Listrik Untuk Jebakan Tikus - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Bhabinkamtibmas Polsek Pangkur Himbau Petani Tidak Menggunakan Listrik Untuk Jebakan Tikus

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Dalam upaya peningkatan kinerja pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah Kecamatan Pangkur, Polsek Pangkur Polres Ngawi melaksanakan patroli dialogis di persawahan Dusun Jati, Desa Gandri Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi, Selasa (27/12/22).


Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Bhayangkara Pendamping Penjagaan Pertanian Ramah Lingkungan (Bhatarling) oleh Kapolsek Pangkur AKP Subandi, S.H. 


Di tempat yg berbeda Bhabinkamtibmas Desa Babadan Aipda Edi Suwanto melaksanakan kegiatan yg sama dengan sasaran petani di areal persawahan Dusun Kasren Desa Babadan Kecamatan Pangkur.


Ditemui Pojok Kiri di lokasi kegiatan, Kapolsek Pangkur AKP Subandi, S.H. mengatakan, pihaknya memberikan himbauan kepada petani untuk tidak menggunakan strum listrik sebagai jebakan tikus pengganggu tanaman padi di sawah.


"Selain itu, kita juga turut membantu para petani melakukan gropyokan hama tikus yang menyerang tanaman padi dengan cara manual yaitu obosan menggunakan belerang secara gotong royong," ujar AKP Subandi kepada Pojok Kiri, Selasa (27/12/22) pagi.



Menurut AKP Subandi, himbauan dan gropyokan tikus tersebut telah sesuai dengan arahan dan petunjuk Bapak Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H., bahwa Bhatarling merupakan salah satu program unggulan dari Polres Ngawi dan Pemkab Ngawi dalam mendukung program akselerasi pertanian ramah lingkungan untuk menjaga ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Ngawi.


"Dalam arahan dan petunjuknya, Bapak Kapolres AKBP Dwiasi Wiyatputera menyebut bahwa dalam kegiatan Bhatarling ini para Bhabinkamtibmas bertugas sebagai pendamping bagi para petani menuju pertanian ramah lingkungan," imbuh Kapolsek Pangkur.


Tidak hanya itu, AKP Subandi menambahkan bahwa dirinya bersama Bhabinkamtibmas Desa Gandri Kecamatan Pangkur juga memberikan himbauan tentang larangan memasang jebakan tikus beraliran aliran listrik dan sebaiknya menggunakan cara-cara yang lebih aman dalam mengendalikan hama tikus dengan cara gropyok bergotong royong sesama petani.


“Kita secara intensif atau berkala mendatangi para petani di wilayah Kecamatan Pangkur untuk memberikan himbauan agar menerapkan sistim pertanian yang ramah lingkungan," ujar AKP Subandi.


Oleh karena itu, dalam pelaksanaan patroli dialogis bersama petani tersebut AKP Subandi menyebut, pihaknya juga menyampaikan himbauan tentang ketahanan pangan Nasional di wilayah Kecamatan Pangkur.



“Dari patroli dialogis Bhatarling Polsek Pangkur ini, diharapkan dapat terjalinnya sinergitas antara Polri dengan para petani yang ada di wilayah kecamatan Pangkur guna mendorong para petani dalam meningkatkan swasembada pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan dan keamanan pangan," tutup AKP Subandi.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages