Kapolsek Pitu Gelar SEME'AN Bersama Petani Desa Kalang - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Kapolsek Pitu Gelar SEME'AN Bersama Petani Desa Kalang

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Kepala Kepolisian Sektor Pitu Resor Ngawi AKP Karno, S.H. bersama anggota dan Perangkat Desa Kalang melaksanakan kegiatan bertajuk SEmangat MEndorong Produktivitas Pertanian Ramah LingkungAN (SEME'AN), Jum'at (2/6/23).


Kegiatan SEME'AN yang digelar di area persawahan Desa Kalang Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi pada pukul 07.00 WIB ini merupakan Progam Inovasi dari Kapolsek Pitu AKP Karno guna mendukung Progam Bhayangkara Pendamping Penjagaan Pertanian Ramah Lingkungan (Bhatarling) Polres Ngawi, SEME'AN ini akan dilaksanakan setiap 1 bualn sekali.


"SEME'AN diambil dari kata Seme'an dimana dalam tradisi masyarakat Jawa memiliki makna sarapan atau makan pagi, Seme'an ini sering dilakukan oleh para petani di area persawahan sebelum bekerja," terang AKP Karno.


Sesuai maknanya dalam kegiatan SEME'AN ini, Kapolsek Pitu AKP Karno bersama anggota Polsek dan perangkat Desa Pitu sarapan pagi bersama para petani di area persawahan sembari melakukan diskusi dan tanya jawab terkait pertanian ramah lingkungan.



Dalam kegiatan ini, Kapolsek Pitu juga memberikan arahan kepada para petani agar mengurangi penggunaan pupuk kimia dan mengimbau agar tidak lagi menggunakan setrum listrik untuk jebakan tikus karena dapat membahayakan keselamatan jiwa baik bagi pemasang jebakan itu sendiri maupun orang lain.


"Untuk itu, saya berharap agar dapat diaktifkan kembali tradisi atau kegiatan gropyokan tikus di area sawah pertanian," imbau Kapolsek Pitu kepada para petani.


Menanggapi arahan Kapolsek tersebut, Sekdes Pitu Suwarto mewakili Kelompok Tani Desa Kalang Kecamatan Pitu berjanji akan mengupayakan pengadaan burung hantu dalam memberantas hama tikus diarea persawahan.


Kegiatan SEME'AN Polsek Pitu ini dihadiri oleh, Kapolsek Pitu didampingi Wakapolsek, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Kalang, Sekdes Kalang serta para petani Desa Kalang Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi.


Ferdy Raspiantori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages