Dari Bidan Dirujuk Ke Rumah Sakit, Niah Lancar Jalani Persalinan Gunakan Program JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Dari Bidan Dirujuk Ke Rumah Sakit, Niah Lancar Jalani Persalinan Gunakan Program JKN

Share This



Madiun, Pojok Kiri – Pengalaman menjalani proses persalinan yang dialami salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini memiliki cerita tersendiri. Lukty Mauniah, perempuan 27 tahun ini sempat akan menjalani proses persalinan di bidan, namun karena indikasi medis ia diberikan rujukan ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).



“Awalnya kondisinya ketuban pecah dini dan berangkat ke bidan pagi, sorenya baru pembukaan dua. Hingga tengah malam pembukaan delapan akan tetapi kondisi kepala bayi tidak mau turun. Karena itulah akhirnya bidan yang menangani saya memberikan rujukan untuk ke rumah sakit,” ungkap Niah mengawali cerita.



Melanjutkan ceritanya, Niah menyampaikan bahwa kondisi tersebut membuat ia dan keluarganya merasa cemas karena sesampainya di rumah sakit, dokter memutuskan untuk segera mengambil tindakan bedah sesar. Proses bedah sesar tersebut dilaluinya selama lebih dari dua jam dikarenakan terdapat kondisi penyulit.



“Berat badan bayi saya besar dan kondisi terlilit tali pusar, itu yang menyebabkan prosesnya tidak sebentar. Saya hanya bisa pasrah, berdoa dan percaya bahwa dokter akan memberikan tindakan yang maksimal untuk saya dan bayi saya. Akhirnya menjelang subuh alhamdulillah anak saya lahir dengan selamat,” kata Niah.



Dalam proses persalinan di rumah sakit, Niah mendapatkan pelayanan sesuai dengan hak kelasnya dan tidak ada tambahan biaya yang dikeluarkan pada saat dirinya diperbolehkan untuk pulang. Ia menambahkan bahwa pelayanan yang diberikan mulai dari bidan hingga rumah sakit sangatlah baik.



“Pelayanan sewaktu di bidan dan rumah sakit sangat cekatan memberikan yang terbaik untuk pasiennya. Mengambil tindakan yang memang seharusnya segera dilakukan. Jadi asalkan semua dilakukan sesuai dengan alur  prosedur, pasti semua lancar,” tambahnya.



Di akhir perbincangan, Niah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dalam penyelenggaraan program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Tak lupa Niah juga mengajak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN untuk segera mendaftarkan diri beserta keluarganya.



“Kita akan merasa lebih tenang jika sudah mempunyai jaminan kesehatan. Pelayanan dari tenaga kesehatan juga memberikan yang terbaik untuk pasien, tidak ada perbedaan pelayanan yang diterima pasien umum dan kita sebagai peserta JKN,” tutup Niah.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages