Orientasi PKK "Bunda Kencana" tekan kasus Stunting dan Giatkan KB MKJP - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Orientasi PKK "Bunda Kencana" tekan kasus Stunting dan Giatkan KB MKJP

Share This

Madiun, Pojok Kiri - Kegiatan penguatan peran TP PKK Kabupaten Madiun sebagai " bunda Kencana " dalam mendukung kesertaan KB MKJP yang dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Madiun bekerja sama dengan tim penggerak PKK yang di selenggarakan di gedung pertemuan lantai 3 RSUD Dolopo Madiun langsung dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Madiun, Kepala Dinas DPPKBPPPA, Kepala Puskesmas dan Tim TP PKK dari beberapa Kecamatan di kabupaten Madiun, Sabtu (27/11/2021).


Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Madiun mengatakan bahwa  agenda yang kita angkat pada hari ini berupa " melalui perencanaan keluarga dan lingkungan bersih mewujudkan keluarga sehat berkualitas".


"Tema yang akan kita ambil pada kesempatan hari ini adalah melalui perencanaan keluarga dan lingkungan bersih mewujudkan keluarga sehat berkualitas "kata Pentalianawati ketua TP PKK Kabupaten Madiun.



Metode kontrasepsi jangka panjang atau MKJP merupakan metode kontrasepsi dengan tingkat keefektifan yang tinggi dengan tingkat kegagalan yang rendah serta komplikasi dan efek samping yang lebih sedikit.


Sementara itu ketua tim penggerak PKK Kabupaten Madiun Pentalianawati mengatakan tentang pentingnya pemasangan KB terhadap keluarga usia produktif.


"Pemasangan KB pada keluarga usia produktif sangatlah penting, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan pada keluarga usia produktif,"katanya.



Pentalianawati juga menambahkan Selain itu PKK juga dituntut untuk menekan angka stunting terhadap balita dan anak yang mulai melakukan pendekatan edukasi hingga pendampingan," imbuhnya.


peran PKK dalam pencegahan stunting yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat melalui pergerakan peran kader pengembangan pengorganisasian masyarakat peningkatan upaya advokasi dan perencanaan yang mendukung pemberdayaan masyarakat pemutakhiran data dan informasi.


Adapun beberapa sasaran dalam upaya pencegahan stunting oleh dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Madiun diantaranya ibu hamil menyusui dan anak hingga usia 6 bulan dan ibu menyusui anak usia 6;bulan hingga 2 tahun. ( unk /Adv) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages