Jelang Ops Ketupat Semeru 2021, Polres Ngawi Gelar Latpra Ops di Rupatama dan Aula Parama Satwika Polres Ngawi - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Jelang Ops Ketupat Semeru 2021, Polres Ngawi Gelar Latpra Ops di Rupatama dan Aula Parama Satwika Polres Ngawi

Share This

Ngawi, Pojok Kiri - Untuk memastikan kesiapan personil dalam pengamanan Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19, Polres Ngawi gelar kegiatan Pelatihan Pra Operasi (Latpra Ops) Ketupat Semeru tahun 2021. Selasa (4/5/2021).


Kegiatan Latpra Ops Ketupat Semeru tahun 2021 dilaksanakan dengan 2 cara yaitu kegiatan secara langsung di Rupatama Parama Satwika Polres Ngawi dan secara virtual di Aula Parama Satwika Jalan Bernadip Ngawi.


Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasar Sprin Kapolres Ngawi Nomor : Sprin/438/OPS.1.1.2021 tanggal 3 Mei 2021 dengan jumlah peserta 300 orang, terdiri dari, Kapolres Ngawi yang diwakili Waka Polres Ngawi Kompol Inggal Widya Perdana sebagai Waka Ops Res, Kabag Ops Polres Ngawi Kompol Slamet Suyanto sebagai Karendal Ops, Pejabat Utama Polres Ngawi, Peserta Latpra Ops Kapolsek dan Waka Polsek jajaran beserta perwira dan anggota Polres Ngawi dan Polsek Jajaran.


Dalam kegiatan tersebut, Kompol Inggal Widya Perdana mohon kepada Kapolsek dan Waka Polsek jajaran Polres Ngawi agar mensupport dan semangat kepada para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran untuk memberdayakan dan pengecekan sesuai dengan PPKM mikro di masing-masing desa khususnya standart prokes apabila ada pemudik.


Kompol Inggal Widya Perdana juga memerintahkan agar kembali mendata pendatang yang nekat pulang ke kampung halaman dan selalu berkoordinasi dengan Tiga Pilar dimana apabila ada pendatang atau pemudik agar dilakukan standar prokes yaitu dilakukan isolasi selama 5 x 24 jam dengan biaya sendiri.


Selain itu, Kompol Inggal Widya Perdana menyampaikan niatan utama Polisi pada Pandemi Covid-19 adalah untuk kemanusiaan dan selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes yang mana upaya yang telah dilaksanakan tidak menutup kemungkinan mengurangi persebaran Covid-19.



Lebih lanjut, Kompol Inggal Widya Perdana mengatakan, tidak ada perayaan pada malam takbir yaitu dimana Polisi melakukan penyekatan dan tidak diperbolehkan pawai takbir keliling hanya boleh melaksanakan kegiatan takbir di Masjid dan Mushola serta pelaksanaan Sholat Idul Fitri tidak boleh di lapangan dan dibatasi 50 % dari kapasitas Masjid.


Kompol Inggal Widya Perdana menambahkan, petunjuk penyekatan yaitu di Perbatasan Mantingan, Exit Tol Ngawi serta perbatasan Banyuurip dimana mulai tanggal 6 April 2021 secara ketat akan tutup total dan diputar balik.


Dalam kesempatan tersebut, Kompol Inggal Widya Perdana juga memberikan himbauan kepada peserta latihan secara berjenjang agar para pimpinan di kantor masing-masing agar memperhatikan dan mengawasi prilaku anggotanya.


Sementara itu Kabag OPS Polres Ngawi Kompol Slamet Suyanto sebagai Pemateri Karendal Ops menyampaikan bahwa Ops Ketuapat Semeru 2021 dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d. 17 April 2021 berdasarkan ST Kapolri Nomor : STR/188/IV/OPS.1.1.2021 tanggal 12 April 2021 tentang rencana garis besar operasi ketupat semeru 2021, sebelum dilaksanakan Ops Ketupat dilaksanakan Ops pendukung yaitu Ops Bina Waspada, Ops Pekat dan Ops Keselamatan, tugas Pokok melaksanakan Operasi Kepolisian terpusat dengan Sandi "Ketupat Semeru 2021" selama 12 hari dengan mengedepankan Safgas Peemtif, Preventif, yang didukung kegiatan Gakkum dan Banops dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam pelarangan Mudik guna mencegah penyebaran Covid-19, selanjutnya pada tanggal 5 April 2021 akan dilaksanakan apel gelar pasukan Ops Ketupat Semeru 2021 di Lapangan Yon Armed 12 Kostrad Ngawi.


Lain halnya dengan Kasat Intelkam Polres Ngawi AKP Marwanto, sebagai Pemateri Kasatgas Preemtif yang menyampaikan, Pra anggapan terkait pelarangan Mudik terkecuali petugas dan perjalanan dinas selain itu terkait pelarangan Mudik saat ini Satgas Preemtif telah melakukan upaya pendekatan kepada para tokoh yang berpengaruh untuk melakukan testimoni berupa vidio himbauan untuk tidak mudik, pada perayaan mudik tahun ini bersamaan dengan Kenaikan Isa Al Masih yang mana perlu dilakukan langkah antisipasi, Satgas Preemtif telah melakukan pemetaan kerawanan kerawanan mulai dari Masjid yang berdekatan dengan gereja, dampak penangkapan Munarman yg cukup ramai di Medsos serta pemetaan persebaran Covid-19.


Sedangkan Kasat Sabhara Polres Ngawi sebagai Pemateri yang diwakili oleh Iptu Cipto Utoyo yang menyampaikan, pada perayaan Idul Fitrib1442 H kegiatan dan aktivitas masyarakat meningkat dimana Satsabhara Polres Ngawi siap membantu dan mengamankan kegiatan dengan peningkatan patroli dan pengawalanan serta melaksanakan beck up pengamanan baik Obvit dan Provit serta di pusat keramaian yaitu terminal, pasar dan pusat pertokoan, SPBU dan tempat wisata di Kab. Ngawi.



Sementara itu, Kasat Lantas Polres Ngawi sebagai Pemateri yang diwakili oleh Ipda Prinanto yang menyampaikan, bahwa Satlantas Polres Ngawi yang merupakan petugas lapangan pada penyekatan mulai dari pengetatan Mudik, Peniadaan Mudik dan Pengetatan Mudik dimana petugas telah tergelar dan siap melaksanakan tugas dilapangan pada pos penyekatan di Perbatasan Mantingan dan Exit Tol Ngawi, Kabupaten Ngawi merupakan perbatasan Jatim Jateng sehingga upaya penyekatan dilaksanakam secara all out dan mulai tanggal 6 para pemudik yang melintas akan dikembalikan dan putar balik kecuali kendaraan BBM, Ambulace dan ASN / TNI dan Polri yang berdinas, untuk pelaksanaan Ops Ketupat Semeru 2021 Satlantas Polres Ngawi telah melakukam koordinasi dengan isntansi terkait dan diawali mulai tanggal 6 Mei 2021 pukul 16.00 WIB anggota sudah siap di pos masing-masing.


Kasat Reskrim Polres Ngawi sebagai Pemateri yang diwakili KBO Reskrim Iptu Basuki menyampaikan, Satreskrim selaku Satgas Gakkum melaksanakan tugas sasaran Ops yaitu pelaku 3C, penipuan atau gendam, penganiayaan atau pengeroyokan, kejahatan jalanan, Handak atau Sajam, petasan atau mercon, kembang api ilegal dan penimbunan barang pokok, target Operasi yaitu orang, tempat dan lokasi serta barang yang diduga melakukan tindak pidana atau pelanggaran hukum.


Kabagsumda Polres sebagai Pemateri yang diwakili oleh Kasubbag Sarpras AKP Slamet yang menyampaikan, Satgas Banops yang terdiri dari anggota Sarpras, Propam, Humas, TIK dan Kesehatan dimana saat ini telah siap baik secara sarana prasarana pos penyekatan, Propam Polres Ngawi siap melakukan pembinaan dan pengecekan terhadap anggota yang melaksanakan tugas, TIK dan Kesehatan telah menyiapkan sarana komunikasi dan dukungan kesehatan berupa pengecekan kesehatan dan pemberian Vitami serta P3K, Subbag Humas Polres Ngawi melakukan uplaud situasi pemberitaan, counter media serta melakukan himbauam larangan mudin serta sosialisasi di masyarakat dan mendokumentasikan kegiatan petugas dilapangan.


Ditemui diruang kerjanya, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya kepada Pojok Kiri mengungkapkan, bahwa kegiatan Lat Pra Ops Ketupat Semeru 2021 dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman materi terkait maksud dan tujuan serta mengingatkan kembali tentang tugas pokok dilapangan pada saat pelaksanaan Ops Ketupat Semeru 2021 yang akam dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021.


"Selanjutnya besok pada hari Rabu, tanggal 5 Mei 2021 pukul 08.00 WIB, seluruh anggota yang terseprin dan Instansi terkait untuk melaksanakan Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2021 bertempat di Lap Yonarmed 12/155 GS/AY/1/2 Kostrad di Jalan Siliwangi Kabupaten Ngawi," tandas AKBP I Wayan Winaya. (Day)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages