Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di Kabupaten Ngawi, Ribuan santri aktif Terlibat Dalam Kegiatan - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di Kabupaten Ngawi, Ribuan santri aktif Terlibat Dalam Kegiatan

Share This
 Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono saat memberikan Pidato dalam memperingati HSN 

Ngawi, Pojok Kiri.- Ketika NKRI masih berbentuk kerajaan kesultanan, kaum santri merupakan kelompok elit yang selalu terjaga dan menjaga keutuhan dan kebesaran sebuah kerajaan atau kesultanan.

Di jaman kemerdekaan, peran kaum santri sangat menentukan dalam menjaga eksistensi NKRI. Bung Karno, Panglima Besar Sudirman, KH Hasyim Asy’ari (pendiri Nahdlatul Ulama) berjibaku mati matian hingga tetes darah terakhir untuk mempertahankan Republik ini.

KH Hasyim Asy’ari akhirnya mengeluarkan resolusi jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang baru berusia seumur jagung. Peristiwa pertempuran 10 Nopember di Surabaya menjadi bukti nyata dan monumen hidup sebuah perjuangan para Kyai dan para santri. Komitmen tulus ikhlas pengorbanan kaum santri untuk negeri ini. Rela berkorban harta jiwa raga untuk keutuhan NKRI yang tercinta.

Santri adalah aset bangsa yang sangat besar dan original. Sejak jaman pra kemerdekaan, kaum santri selalu menjadi tulang punggung negara.

Dan benarlah adanya bila Presiden Joko Widodo akhirnya menghadiahkan sebuah hari istimewa sebagai penghargaan perjuangan para Kyai dan santri. Yaitu Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap Tanggal 22 Oktober.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara Hari Santri Nasional (HSN) dilaksanakan serentak se Indonesia. Acara HSN di Kabupaten Ngawi pun tidak kalah dengan kabupaten-kabupaten lain di tanah air. Malah penyelenggaraan HSN Ngawi tahun ini dilaksanakan lebih menarik dan semarak dibanding kabupaten lainnya.

Ketua PCNU Ngawi KH Ulinnuha Rozy mengatakan bahwa sejak Hari Santri Nasional (HSN) di tetapkan Presiden RI Bapak Ir Joko Widodo--melalui Keputusan Presiden No 22 Tahun 2015--PCNU Ngawi sukses bekerjasama lagi dengan pemerintah Kabupaten Ngawi di dalam merayakan peringatan HSN 2018 untuk yang ke empat kalinya.

Ketua PCNU Ngawi menyampaikan rasa hormat dan berterima kasih kepada Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo yang telah menetapkan Tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Beliau juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono atas penyelenggaraan HSN tahun ini yang semakin meriah semarak dan mem back up total anggaran HSN 2018. Selanjutnya untuk suksesnya acara, PCNU Ngawi mengamanatkan panitia yang diketuai oleh Istamar M.Pd (Ketua LP Ma’arif NU Ngawi).

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ngawi sungguh luar biasa meriahnya dibandingkan HSN yang Tahun 2017. Banyak peningkatan pesat dalam acara HSN Tahun 2018 ini. Agendanya luar biasa banyak dan padat. Tercatat selama 10 hari berturut turut mulai Tanggal 13 Oktober sampai dengan Tanggal 22 Oktober. Banyak aneka ragam macam variasi acara di tampilkan dalam rangka HSN. Semua acara tersebut melibatkan ribuan santri dan masyarakat yang ada di Kabupaten Ngawi.

Penetapan Hari Santri Nasional bukanlah intervensi pemerintah terhadap pesantren, tetapi merupakan bentuk penghargaan negara kepada peran dan jasa para Kyai dan santri di dalam perjuangannya sejak sebelum kemerdekaan. Mempertahankan dan menjaga keutuhan NKRI dengan peran aktif menanamkan keluhuran akhlak dan kemandirian karakter bangsa.

Momentum Hari Santri Nasional ini harus di transformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang sinergis dengan keagamaan. Spirit nasionalisme cinta tanah air bagian dari iman harus terus digelorakan di tengah tengah ganasnya ideologi radikalisme fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan Nasionalisme.

Hari Santri nasional harus dimaknai sebagai gerakan revitalisasi etos moral dan spiritualisme ditengah tengah tantangan era digital yang sedemikian dahsyatnya. Bagi santri, kemajuan teknologi dan komunikasi internet adalah sebuah bingkisan dari kemajuan nalar yang menghubungkan manusia sejagat dalam dunia maya. Kemajuan teknologi internet ini  mempunyai manfaat dan mudharrat yang sama besarnya. Internet harusnya digunakan untuk menebarkan pesan pesan kebaikan dakwah dan kebangsaan, bukan untuk merusak harga diri dan martabat kemanusiaan dengan aneka ujaran kebencian, fitnah dan hoax.

Ketua penyelenggara HSN 2018 Ngawi, Istamar dalam pidato sambutannya mengatakan bahwa kegiatan HSN Kabupaten Ngawi adalah paling banyak Se Jawa Timur. Lebih dari 15 kegiatan yang terkemas dengan bagus merangkai peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di Kabupaten Ngawi. Semua santri terlibat aktif dalam rangkaian kegiatan HSN sejak Tanggal 13 Oktober sampai Tanggal 22 Oktober 2018. Ketua panitia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ngawi atas jasa baiknya menyelenggarakan moment HSN Tahun ini. Istamar juga mengajak bahwa Hari Santri Nasional menjadi momen untuk meningkatkan iman dan taqwa.

Paket rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional Kabupaten Ngawi diantaranya adalah Liga Santri pada Tanggal 13 – 14 Oktober 2018 (melibatkan seluruh pondok pesantren yang ada di Ngawi). Dilanjutkan dengan Ziarah Makam para pendahulu NU se Ngawi, Lomba Baca Kitab Kuning  dan Nadzoman, Lomba MTQ, Santunan Fakir Miskin sampai pelosok-pelosok wilayah Ngawi, Lomba Mewarnai, pelaksanaan Donor Darah, Khitan Massal dan Bekam, Lomba Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Jelajah Santri (melibatkan ribuan santri yang dilaksanakan di lereng Gunung Lawu).

Selanjutnya, pada Tanggal 20 Oktober 2018 adalah acara Seminar Kewirausahaan Pesantren (mengusung tema “Bersama Santri Menuju Wirausahawan Sejati” melibatkan 200 peserta dan menghadirkan pembicara-pembicara dari PBNU Pusat dan kementrian ). Acara seminar ini bertujuan mencetak pengusaha dan wirausahawan-wirausahawan muda dari kalangan santri dan pondok pesantren.

Kemudian, Lomba Fashion Show secara islami diikuti oleh ratusan peserta, Lomba Kaligrafi, Lomba Hadrah/Al Banjari (diikuti puluhan peserta), dan Launching Web PCNU Ngawi.

Acara Apel Hari Santri Tanggal 22 Oktober 2018 di hadiri oleh FORKOPIMDA Ngawi dan seluruh lembaga se Kabupaten Ngawi serta melibatkan ribuan santri/santriwati pondok pesantren se Ngawi.

Agenda Hari Santri Nasional 2018 Kabupaten Ngawi ditutup dengan acara puncak yaitu acara Gebyar Spektakuler Santri. Pertunjukan ini sangatlah meriah mendatangkan Wali Band dari Jakarta. Acara ini di hadiri oleh Bupati Ngawi, Sekda, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan Ngawi, Ketua PCNU dan seluruh pengurus PCNU Ngawi, para Kyai dan tokoh masyarakat se Kabupaten Ngawi.

Dalam pidato sambutannya, Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono memperingatkan kembali kepada masyarakat tentang arti peran penting sosok santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dan Hari Santri Nasional (HSN) menjadi momen penting setiap tahun yang dicanangkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Dalam pertunjukan puncak dan meriah ini, ribuan santri berbondong bondong bersama masyarakat memadati alun alun Ngawi menonton acara sampai selesai.

Pada akhirnya, seluruh rangkaian acara dari awal sampai akhir Tanggal 13 – 22 Oktober, dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2018 Kabupaten Ngawi, berjalan sangat sukses dan lancar. (ADV Diskominfo Kab. Ngawi/day) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages